Bangga dengan Jokowi

Bangga dengan Jokowi - Nampaknya hanya ekspresi dalam tulisan ini yang bisa saya ungkapkan kepada Bapak Ir. Joko Widodo atau Jokowi panggilan akrabnya, figur pemimpin yang ideal, progresif, misionaris, sosialis, kharismatik, humanis dan segudang julukan lain yang pantas disematkan kepada beliau, berkat sumbang sihnya kini kota Solo mengalami banyak perubahan signifikan, termasuk slogan barunya yaitu "Solo: The Spirit of Java."

Pertanyaannya, apa yang membuat saya bangga dengan jokowi, padahal saya tinggal di kota Semarang? Tak ada salahnya jika seorang mengidolakan sosok pemimpin yang memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat, beliau sangat down to earth (merakyat) dan sosok pemimpin seperti inilah yang selama ini di nanti oleh masyarakat. Sehingga pantas kiranya jika beliau dinobatkan sebagai walikota terbaik pada tahun 2009, 10 tokoh terbaik versi tempo, Bung Hatta award dan berbagai penghargaan yang disandangnya. Sungguh prestasi yang membanggakan dan patut kita teladani. 

Jokowi yang selama 2 periode menjabat sebagai walikota Solo ini dulunya adalah seorang pengusaha meubel, ketika pertama saya baca sejarah awal beliau berkecimpung di dunia politik adalah karena suatu kebetulan, beliau sendiri menyebutnya sebagai suatu kecelakaan. Pada periode pertama memang banyak masyarakat yang masih sangsi, karena background beliau yang berasal dari masyarakat biasa, tak sedikit yang skeptis, mencela dan ada juga yang menghina, namun dia terima dengan lapang dada dan beberapa tahun kemudian, akhirnya Jokowi mampu membuktikan dan membuat suatu gebrakan progresif yang beliau pintal dengan penuh perjuangan, sampai pada akhirnya Solo menjadi kota idaman dan kota dengan tata ruang terbaik nomer 2 di Indonesia. 

Kesalehan sosial yang tercermin dari tindakan dan cara interaksi beliau memang membius masyarakat, seolah membangkitkan kembali gairah membangun Solo, mulai dari sektor terkecil (bisnis UKM) hingga skala besar (rekonstruksi Solo). Beliau yang saya tahu adalah seorang yang tegas dan sangat peduli terhadap warisan lokal, sebagai contoh adalah dukungan penuh terhadap mobil esemka, pemugaran 34 pasar dan membangun 7 pasar dengan omzet meningkat drastis hingga 4 - 10 kali lipat, tak segan mencopot jabatan beberapa perangkat desa yang mangkir dari tugas, mengajak dan merangkul para pedagang untuk bersama membahas dan merealisasikan kemajuan Solo dan masih banyak hal yang tidak terpublish oleh media. 

Patut berbangga, di tengah krisis multi dimensi ini ternyata masih ada pejuang yang berani tampil dan tak banyak bicara, cita luhur rakyat Solo nampaknya semakin menemui titik terang saat Jokowi menjabat sebagai walikota Solo. Diharapkan, Jakarta yang nantinya akan di pimpin oleh Jokowi bersama dengan Basuki alias Ahok mengalami banyak perubahan dan peningkatan dari segi ekonomi kemasyarakatan hingga tata kota. Dalam masa jabatan yang cukup singkat (± 3 tahun), saya yakin beliau dapat mengemban tugas dan merealisasikan kontrak politik sesuai dengan janji dan keinginan masyarakat luas. 

Berikut ini beberapa contoh sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal :
NO. Indikator Pemimpin Joko Wi
1. Energi jasmaniah dan mental
2.
-->Kesadaran akan tujuan dan arah

3.
-->Antusiasme
4.
-->Keramahan dan kecintaan
5.
-->Integritas
6.
-->Penguasaan teknis
7.
Ketegasan dalam mengambil keputusan

8.
-->Kecerdasan
9.
-->Keterampilan mengajar
10.
-->Kepercayaan
11.
Bertanggung Jawab dan Konsekuen

12.
Jujur

13.
Rela Berkorban

14.
Komunikasi Intensif

15.
Berani

15.
Religius



Artikel ini bukan bermaksud untuk mempromosikan atau mengkampanyekan beliau di saat pemilu legislatif sedang memanas, namun tujuan inti dari postingan ini semata-mata hanya ingin mereview salah satu contoh tokoh pemimpin yang teladan dan PRO RAKYAT sangat di idamkan oleh masyarakat.

Sekian, semoga postingan saya mengenai Bangga dengan Jokowi bisa bermanfaat untuk pembaca.

Referensi :
1. http://groups.yahoo.com/group/ppiindia/message/122234
2. http://www.merdeka.com/peristiwa/catatan-prestasi-jokowi-tri-risma-syahrul.html
3. http://srisetya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18015/KEPEMIMPINAN+1+EB03.doc


Bangga dengan Jokowi

    wdcfawqafwef