Trik Merawat Battery Laptop Agar Awet

Trik Merawat Battery Laptop Agar Awet - Saya bukan seorang ahli teknisi, melainkan hanya seorang onliners sekaligus bloggers, namun tak ada salahnya jika saya share pengalaman yang nantinya bisa berguna untuk pembaca.

Battery laptop bisa saya analogikan sebagai anatomi tubuh manusia, jika satu tidak ada, pasti sangat tidak menyenangkan dan terasa ganjal. Maka dari itu, perlu kita ketahui bersama bagaimana dan apa saja cara menggunakan laptop yang sehat dan sesuai prosedur penggunaan. Sehingga resiko kerusakan bisa dihindari dan kantong tidak jebol.

Memang tak di pungkiri, minimnya ilmu menjadi penghambat dan ini di manfaatkan dengan baik oleh para teknisi licik berikut para vendor, Indonesia menjadi sasaran empuk untuk mengembangkan sayap bisnis di bidang gadget. Ini patut kita waspadai agar tidak merugi dan menyesal nantinya.

OK, langsung saja, berikut ini Trik Merawat Battery Laptop Agar Awet ala penulis :
  1. Untuk pemakaian laptop jangka panjang, kisaran 5 hingga 6 jam, disarankan untuk melepas battery. Loh, kenapa kok dilepas? sebenarnya dipakai pun tidak apa-apa, asal ketika battery sudah penuh, langsung hentikan proses chargingnya. Penulis menimbang, user sering lalai ketika menggunakan laptop, maka alangkah baiknya jika di lepas agar tidak terjadi kebocoran
  2. Jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama, maka lebih baik di shutdown atau hibenate
  3. Penggunaan normal dan sesuai prosedur adalah dengan menggunakan battery sambil di charge, jika sudah penuh bisa dilepas chargernya, kemudian gunakan sampai batas minimal 10%, jangan sampai habis, karena faktor ini sebenarnya juga dapat merusak battery laptop 
  4. Over charging merupakan faktor paling dominan dalam kerusakan battery, maka sebisa mungkin dihindari. Jika laptop yang Anda gunakan merupakakan produk terbaru (2011-2012), maka tak perlu khawatir, karena dalam laptop tersebut sudah terdapat fitur canggih yang disebut smart charging yang dapat memutus arus ketika sudah penuh.
  5. Laptop gaming selain bisa merusak motheboard, juga dapat merusak battery. maka hindarilah penggunaan tidak sehat ini
  6. Waktu awal pertama beli, usahakan di kalibrasi untuk memperkuat daya battery. Caranya adalah dengan melakukan charging hingga penuh tanpa menyalakan laptop.
  7. Tidak pernah melakukan charging sebenarnya juga merupakan penggunaan yang salah, karena dengan demikian ion battery akan mampat dan dapat menyebabkan drop.
  8. Bagi pengguna cooling pad, usahakan untuk memasangnya pada adaptor bukan pada port usb laptop, karena materi ini memakan cukup banyak daya.
OK, itu saja dari saya, maaf jika penggunaan katanya salah atau kurang lengkap datanya. semoga postingan 
mengenai Trik Merawat Battery Laptop Agar Awet bisa bermanfaat untuk Anda.

---***---

wdcfawqafwef